Selasa, 18 Desember 2012

lampung



OPINI TENTANG LAMPUNG

Lampung merupakan sebuah provinsi yang ada di indonesia, lampung dulunya merupakan sebuah kresidenan dari sumtra bagian selatan. Lampung ini merupakan sebuah wilayah yang cukup strategis, dimana daerah lampung ini daerah transit antar jawa dan sumatara. Orang- orang yang mau pergi kejawa atau ke sumatra pastinya melewati lampung dengan jalur darat dan di lanjutkan dengan jalur laut.
Menurut saya lampung ini meruapakn daerah yang bagus dan banyak potensi yang dapat di kembangkan serta di kenalkan di dalam negeri maupun di luar negeri. Coba kita lihat dari segi budaya, lampung memiliki dua jurai yaitu jurai pepadun dan jurai saibatin. Dari dua jurai tersebut memiliki perbedaan-perbedaan baik dari perilaku dan sipat. Ini di sebabkan akibat tentang faktor alam dan lingkungan hidupnya. Akantepai perbedaan perbedaan ini tetap hidup rukan dan saling menghormati dan menghargai atara satu dengan yang lain. Begitu juga bagi para pendatang.
Kita lihat satu persatu di mulai dari jurai pepadun, pepadun ini memiliki wilayah atau tinggal di pedalaman lampung. Dengan menggunakan bahasa yang berdialek “nyo” maksudnya bahasa bahasa yang digunakan banyak menggunakan kata-kata yang ber nada “o” tapi tidak semua ada juga yang bernada “A”. Kebalikannya dengan jurai saibatin ini banyak tinggal di daerah pesisir pantai di mulai dari krui sampai ke pesisir kalianda. Bahasa yang di gunakannya yang berdialek “Api” maksudnya bahsa yang di gunakan banyak menggunakan kata-kata “A” itu juga tidak semua.
Kehiduapan sosialnya masyarakat dilampung sangat rukun hidup dengan masyakat pendatang  maka dari itu lampung bisa di katakan indonesia mini. Orang-rang yang hidup di lampug tidak hanya suku lampung dan suku dari jawa saja tepi hampir semua suku yang ada di indonesia ada di lampung dan hidup berdampingan. Bisa dikatakan lampung ini merupakan daerah yang bagus dan memiliki potensi untuk berkembang lebih baik dan maju di masa yang akan datang. Dengan modal masyarakat yang majemuk dan hetorogen.
Potensi potensi yang ada di daerah lampung sangat banyak, di mulai dari penduduknya yang beragam ini modal untuk menjadi masyarakat yang moderen dan kaya dengan kebuadayaan yang ada. Menariknya lampung ini dilihat dari seni-seni yang ada berkembang dengan baik, seperti dari seni tari itu bisa di kembangkan dan di jual ke internasional. sehingga dapat menarik minat para pelancong atau turis lokal dan mancanegara. Tari tari yang dapat di kembangkan tari cagket, tari sembah dan banyak tarian yang lain di lampung yang dapat di promosikan ke kancah nasional dan mancanegara.
Potensi lainnya yang ada di lampung yaitu dari segi pariwisata lampung ini merupakan daerah pantai yang mana hampir semua perbatasan dengan laut. Ini menandakan lampung banyak tempat wisata pantai yang dapat di kembangkan dan di kelola menjadi daerah pariwisata. Baru beberapa tempat saja yang baru dibuka dan di kelola pantai nya dan hanya baru satu ayang terkenal di lampung yaitu pantai yang berada di krui yaitu pesisir barat. Baru itu saja yang berkembang baik dan menjadi omset pariwisata. Sedangkan masih banyak tempat tempat lain yang masih bisa di kembangkan lagi seperti pasir putih, selaki, klara dan pantai-pantai lainnya yang dapat di kembangkan lagi.
Kita lihat lampung dari segi pertanian kita dapat melihat lampung ini daerah yang subur dan kaya dengan tanaman. Dengan lahaan yang subur lampung banyak menghasilkan perkebunan-perkebunan seperti perkebunana tebu, perkebunan nanas, perkebunana kelapa sawit, perekebuanan karet, perkebunana kopi dan banyak perkebunanan yang lain yang ada di lampung. Dari perkebuna yang paling terkenal di lampung yaitu kopi. Kopi lampung sudah terkenal di indonesia sebagi penghasil kopi dan baru-baru ini lampung dikenal dengan kopi luaknya. yang mana rasa kopi ini sangat enak dan memiliki citra rasa yang unik.
Jadi menurut saya lampung daerah yang penuh potensi untuk berkemabng menjadi daerah yang maju dan dapat dikenal di mancanegara. Lampung juga merupak wilayah yang minim komplik anta golongan maka lampung dapat menunjang untuk di jadikan daerah investasi dan usaha bagi para investor baik dari lokal , nasional dan internasional.  Lampung masih kurang dalam pengelolaan baik secara pisik dan non pisik sehingga penunjang pun masih kurang di bandingkan dengan daerah-daerh lainnya. Infrastruktur harus lebih di tingkatkan lagi agar hasil-hasil bumi lampung dapat di gali lebih jauh kedlm bagi mana lagi tentang lampung serta pemasaran tentang lampungharus lebih di tingkatkan lagi. Inti dari semua itu lampung daerah yang enak dan nyaman untuk di diami baik masyarakatnya, budaya maupun lingkungan hidupnya. 
Itu baru sedikit gambaran tetang lampung bila anda ingin tahu lebih jauh tentang lampung dataglah ke lampung secara langsung. Sekian.


OPINI TENTANG LAMPUNG
Tugas Mata Kuliah Sejarah Daerah Lampung
                                                                                                       




Tidak ada komentar:

Posting Komentar